Minggu, 20 Februari 2011

sejarah negara kanada







    Penghuni pertama di Kanada adalah penduduk asli orang-orang aborigin, yang diperkirakan tiba dari Asia ribuan tahun yang lampau melalui daratan yang menjadi jembatan antara Siberia dan Alaska. Empat ratus tahun yang lalu, para pengembara dari Perancis dan Inggris mulai menjelajahi negara dengan sungguh-sungguh, Penghunian tetap oleh kedua bangsa ini di mulai pada awal tahun 1600.

Hingga perang dunia ke II, kebanyakan para imigran datang dari Kepulauan Inggris atau Eropa Timur. Tetapi sejak tahun 1945, susunan kebudayaan Kanada semakin beragam dengan meningkatnya jumlah pendatang dari berbagai negara Eropa Selatan, Asia, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia dengan sumbernya terbanyak dari daerah Asia Pasifik.
Dewasa ini, Kanada terdiri atas 10 provinsi dan 2 wilayah, yang kebanyakan dihuni oleh penduduk Kanada yang nenek moyangnya berasal dari hampir segala penjuru dunia. 


1000 - 1755



Sekitar 1000
Bangsa Viking merupakan bangsa Eropa yang pertama kali di Amerika Utara.
1497
Navigator kelahiran Italia John Cabot tiba di pantai Newfoundland dari Tanjung Breton dan mengklaim tanah tersebut untuk Inggris.
1534
Jacques Cartier menjelajah sungai St. Lawrence, mengklaim pesisir Teluk St. Lawrence untuk Perancis.
1583
Newfoundland menjadi koloni pertama Inggris di luar negeri.
1600-an
Persaingan perdagangan bulu binatang antara Perancis, Inggris dan Belanda; Bangsa Eropa memanfaatkan persaingan antara suku-suku Indian untuk membentuk aliansi.
1608
Samuel de Champlain mendirikan pos perdagangan yang diperkuat dengan bangunan benteng di Québec.
1627
Perusahaan Prancis Baru didirikan untuk memerintah dan mengeksploitasi “Prancis Baru” – koloni milik Prancis di Amerika Utara.
1670
Hudson’s Bay Company didirikan oleh para pedagang dari London. Perusahaan memegang hak dagang atas kawasan-kawasan yang dialiri sungai yang bermuara di Teluk Hudson.
1701
Tiga puluh suku Indian menandatangani traktat perdamaian dengan Prancis dekat Montreal.
1755
Delegasi Akadia yang menolak bersumpah setia dipindahkan dari Nova Scotia. Sekitar separuh bangsa Akadia tewas.

Kekuasaan Inggris


1756
Perang Tujuh Tahun dimulai, antara Prancis Baru dan koloni-koloni Inggris yang lebih besar dan secara ekonomi lebih kuat. Setelah Prancis menang pada awalnya, pendudukan Quebec jatuh pada tahun 1759 dan Inggris maju terus ke Montreal.
1763
Berdasarkan Traktat Paris, Inggris memperoleh semua koloni Prancis di timur Mississippi termasuk Prancis Baru yang menjadi koloni Quebec.
1774
Undang-undang Quebec mengakui bahasa Prancis dan agama Katholik Roma di koloni ini.
1779
Pedagang bulu binatang di Montreal mendirikan North West Company. Perusahaan ini membangun jaringan pos perdagangan di seluruh daerah barat dan utara; ekspedisinya mencapai pantai Pasifik.
1783 – 1784
Pengungsi kaum loyalis dari Perang Kemerdekaan Amerika bermukim di Nova Scotia, Prince Edward Island dan Quebec.
1791
Quebec dibagi menjadi Kanada Hilir (sekarang Quebec) dan Kanada Hulu (sekarang Ontario).
1800-an
Arus imigrasi meningkat. Ribuan pendatang baru dari Inggris, Skotlandia dan Irlandia tiba tiap tahunnya.
1812 – 14
Perang tahun 1812 antara Amerika Serikat dan Inggris, terutama sekali akibat yang dirasakan Amerika Serikat terhadap blokade Inggris atas pelabuhan-pelabuhan Prancis. Peristiwa terjadi termasuk pertempuran antar angkatan laut di Danau-Danau Besar (Great Lakes) dan serangan Amerika Serikat atas kota York (sekarang Toronto). Tetapi Amerika Serikat gagal merealisasikan rencananya untuk menginvasi Kanada.
1817
Bank of Montréal, bank permanen pertama di Amerika Utara Inggris berdiri.
1821
Hudson’s Bay Company dan North West Company bergabung setelah persaingan keras selama bertahun-tahun berubah menjadi pertumpahan darah.
1836
Jalur kereta api pertama di Kanada antara Champlain dan St. Lawrence dibuka.
1837/8
Pemberontakan persenjata di Kanada Hilir dan Kanada Hulu, disebabkan oleh ketidakpuasan atas elit pemerintahan, kemiskinan dan perpecahan social.
1841
Pembentukan Provinsi Serikat Kanada menyatukan kembali Kanada Timur (Bawah) dan Kanada Barat (Atas).
1846
Traktat Perbatasan Oregon diadakan antara Amerika Utara Inggris dan Amerika Serikat pada 49 lintang utara.

Persatuan Kanada


1867
Undang-undang Amerika Utara Inggris mempersatukan Ontario, Quebec, Nova Scotia dan New Brunswick dalam Dominion Kanada.
1869
Louis Riel mendirikan Comité National des Métis untuk melindungi hak-hak kaum campuran dan berperan dalam mengobarkan Pemberontakan Red River. Pengadilan dan eksekusi atas dirinya menimbulkan perdebatan.
1870
Manitoba menjadi provinsi kelima Kanada, diikuti oleh British Columbia pada tahun 1871 dan Prince Edward Island pada tahun 1873.
1885
Jalur kereta api Canadian Pacific selesai dibangun.
1894
Piala Stanley pertama diperebutkan.
1896 hingga 1889
Demam Emas Klondike.
1905
Alberta dan Saskatchewan menjadi propinsi ke-8 dan ke-9 Kanada.
1909
Kapten J.E. Bernier memproklamasikan kedaulatan Kanada atas seluruh Kepulauan Kutub Utara untuk Kanada, dari daratan utama hingga Kutub Utara.
1914
Pecah Perang Dunia I. Kanada bertempur di pihak Inggris dan Prancis. Sejumlah warga Kanada berbahasa Prancis bersikap hati-hati terhadap langkah tersebut.
1921
Agnes Campbell Macphail menjadi wanita pertama yang terpilih menjadi anggota Parlemen.
1921 – 1922
Frederick Banting dan Charles Best menemukan insulin untuk mengobati diabetes.

Otonomi dari Inggris


1931
Statuta Westminster memberikan otonomi penuh kepada semua dominion Inggris.
1939
Pecah Perang Dunia II. Angkatan bersenjata Kanada berperang di Italia, Prancis, Belgia, Belanda, Samudra Atlantik dan Hong Kong.
1947
Kanada dinyatakan berstatus sama seperti Britania Raya dalam organisasi Persemakmuran.
1949
Kanada menjadi anggota pendiri NATO. Newfoundland yang sebelumnya merupakan dominion Inggris menjadi sebuah propinsi Kanada.
1961
RUU Pertanggungan Perawatan Kesehatan Saskatchewan menjadi program pertama di Amerika Utara yang memberikan perlindungan kepada semua orang..
1965
Peresmian bendera Kanada seperti yang sekarang digunakan, menggantikan bendera yang memasukkan unsur bendera Inggris.

Era Trudeau


1968
Pierre Trudeau dari partai Liberal menang dalam pemilihan umum federal. Di tingkat provinsi, terbentuk Parti Quebecois (PQ) yang berjuang untuk kemerdekaan penuh Quebec.
1970
Anggota kelompok separatis radikal Quebec, Front de Liberation du Quebec, menculik seorang pejabat perdagangan Inggris dan membunuh seorang menteri Quebec.
1976
Parti Quebecois memenangkan pemilihan umum tingkat provinsi di Quebec.
1980
Referendum tentang pemisahan Quebec berhasil dikalahkan.
1980
Terry Fox memulai lari Marathon of Hope di Saint John’s, Newfoundland, untuk menggalang dana penelitian kanker. Marathon tersebut berhasil menghimpun dana sebesar 23 juta.
1982
Inggris mengalihkan kekuasaan hukum secara penuh kepada Kanada. Kanada membuat konstitusi baru yang mencakup Piagam Hak-hak Asasi Manusia dan Kebebasan.

1984 – Dewasa ini


1984
Trudeau pensiun. Pemilihan umum dimenangkan oleh Konservatif Progresif di bawah Brian Mulroney.
1988
Kanada dan Amerika Serikat sepakat untuk mengadakan perdagangan bebas.
1992
Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko merampungkan persyaratan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).
1993
Mulroney mengundurkan diri dan digantikan oleh Kim Campbell, Perdana Menteri perempuan pertama di Kanada. Parlemen mensahkan NAFTA. Campbell meminta diadakannya pemilihan umum tetapi kalah besar dari partai Liberal. Jean Chretien menjadi Perdana Menteri.
1995
Referendum di Quebec menolak kemerdekaan dengan perbedaan suara hanya 1%.
1999
Wilayah Nunavut terbentuk di daerah barat laut. Wilayah tersebut merupakan wilayah pertama Kanada yang mayoritas dihuni penduduk asli.
2000
Chretien terpilih sebagai Perdana Menteri Kanada untuk masa jabatan ketiga.
2001
Para pemimpin negara di seluruh Amerika bertemu di Kanada pada KTT Amerika. Mereka menegaskan kembali komitmen mereka untuk membangun zona perdagangan bebas terbesar di dunia sebelum tahun 2005.
2003
Jean Chretien pensiun setelah memegang jabatan selama 10 tahun. Paul Martin diambil sumpah sebagai Perdana Menteri.
2004
Partai Liberal di bawah Perdana Menteri Paul Martin terpilih untuk keempat kalinya. Hasil pemilihan umum dimenangkan pemerintah partai liberal sebagai pemerintah minoritas, pertama kalinya dalam 25 tahun.
2006
Pada tanggal 23 Januari, Partai Konservatif Kanada, di bawah pimpinan Stephen Harper, memenangkan pemilihan umum tingkat federal dan membentuk pemerintahan minoritas. Paul Martin mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Liberal Kanada.
2008
Pada bulan Juni, Perdana Menteri Harper meminta maaf atas nama semua bangsa Kanada atas sistem Sekolah Pemukim Indian yang memaksa anak-anak masuk ke sekolah asrama.
2008
Pada bulan Oktober, Perdana Menteri Stephen Harper dan Partai Konservatif memenangkan pemilihan umum kedua untuk membentuk kembali pemerintahan minoritas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar